Solusi Memilih Jenis Mesin Genset yang Tepat Untuk Rumah

genset yang tepat untuk rumah

Bagi orang pada umumnya, rumah menjadi tempat yang paling lama ditempati seumur hidupnya. Banyak kegiatan dilakukan di rumah. Dan mayoritas kegiatan tersebut akan memiliki kebutuhan listrik. Selain untuk penerangan di malam hari, ataupun di ruangan-ruangan yang tidak terjangkau cahaya di siang hari, listrik digunakan untuk berbagai hal lain seperti untuk penyimpanan makanan di kulkas, pengaturan suhu ruangan dengan AC (air conditioner), hingga hiburan penghuni rumah melalui TV, radio, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, dengan tren bekerja dari rumah yang semakin berkembang, keberadaan listrik di rumah menjadi sebuah kebutuhan penting karena terkait dengan pekerjaan. Entah apapun kegiatannya, berjualan online misalnya: membutuhkan listrik untuk WiFi dan isi ulang baterai HP, laptop atau untuk menghidupi komputer biasa. Namun seringkali listrik di Indonesia tidak selalu stabil. Ada kalanya listrik mati tiba-tiba entah apapun alasannya. Dari sini, genset menjadi salah satu solusi yang bisa dipakai. Dengan banyaknya pilihan genset yang bisa dipilih, berikut adalah beberapa solusi yang perlu dipikirkan.

Berapa besar kebutuhan listrik Anda? Listrik yang dihasilkan genset tentu terbatas dan jauh tidak sebanding dengan listrik yang dihasilkan PLN (Perusahaan Listrik Negara). Apalagi genset perlu diisi dengan bahan bakar yang bisa merepotkan dari segi logistik: menimbang apakah akan menyetok bahan bakar di rumah atau mau bolak-balik membeli bahan bakar. Oleh karena itu, penggunaan listrik dari genset memerlukan prioritas. Harga mesin genset juga harus disesuaikan dengan budget. Tentukan alat-alat listrik yang paling esensial, lalu hitung berapa daya yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan spesifikasi genset. Dengan kebutuhan daya sekian, berapa liter bahan bakar yang akan dipakai genset, untuk waktu berapa lama. Beberapa hal yang perlu diprioritaskan antara lain: lampu untuk penerangan; kulkas agar makanan tidak basi; pompa air untuk kebutuhan air; dan lain-lain sesuai dengan aktivitas di rumah. Tentu jika Anda bekerja dari rumah, harga genset, listrik untuk komputer atau alat-alat penunjang kerja lainnya menjadi prioritas Anda juga.

Demikian salah satu solusi paling pertama sebelum membeli genset untuk rumah. Genset merupakan investasi yang cukup besar, sehingga wajar jika kita perlu pertimbangan lebih baik dalam menentukan jenis genset yang tepat. Harga dari mesin genset dapat bervariasi menyesuaikan kebutuhan Anda.

Sebenarnya solusi untuk memilih genset ini tidak hanya bisa diaplikasikan untuk genset rumah tetapi juga untuk hal lainnya. Seperti untuk kantor, pabrik, industri rumahan atau industri kecil dan lainnya. Dan pastikan tidak memilih genset sembarangan, pilih hanya dari distributor genset terpercaya seperti POWERLINE. Tempat ini tidak hanya menyediakan genset saja tetapi juga sparepart genset untuk genset yang perlu dilakukan perawatan.

Baca Juga : Beyond the Grid Harnessing the Power of Gensets