7 Objek Wisata Alam Kalimantan Barat yang Mempesona

Dikenal sebagai kota khatulistiwa Indonesia, Pontianak mempesona siapapun yang singgah dengan keindahan alam dan budayanya. Salah satu yang jadi ikon ibu kota provinsi Kalimantan Barat ini adalah sungai Kapuas. Sungai yang membentang sepanjang 1.143 kilometer ini dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Indonesia dengan lebar sekitar 70–150 meter. Tentunya, sungai ini bukan satu-satunya daya tarik kota Pontianak. Kota yang konon asal-usul namanya cukup menyeramkan ini ternyata dipenuhi spot wisata yang menyenangkan, Toppers. Mulai login idn live dari alam yang indah hingga bangunan bersejarah bisa kamu temukan di sini. Yuk, Simak selengkapnya!

Pasir Panjang Singkawang

Kota Wisata merupakan julukan bagi kota Singkawang. Tempat ini berada di daerah Singkawang, satu di antaranya yaitu Pasir Panjang Singkawang. Tempat wisata ini memang sudah banyak dikenal di Kalimantan Barat. Banyak juga turis-turis yang berdatangan di pantai ini. Sejak dulu hingga sekarang tempat ini sangat dinikmati oleh pengunjung karena letaknya strategis dan memiliki daya tarik tersendiri.

Alun-Alun Kapuas Pontianak

Nama Alun Kapuas merupakan satu di antara lokasi wisata taman di kota Pontianak. Letaknya sudah berada di tempat strategis yaitu di tengah Kota Pontianak. Menjadikan taman ini ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat. Jam buka tempat ini mulai dari pukul 06.00 WIB – 20.00 WIB.

Tanjung Bajau

Tanjung Bajau merupakan salah satu wisata populer dan wajib untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Kota Singkawang. Tanjung Bajau menghadirkan konsep wisata alam segar dan alami dengan gabungan antara pantai dan pegunungan.

Riam Bedawat

Selanjutnya, 10 tempat wisata alam di Kalimantan Barat yang terakhir yaitu Riam Bedawat. Tempat ini berada di Desa Dange Aji Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Air Terjun Bedawat biasa juga disebut dengan air terjun Bedawat ini memiliki 7 tingkatan yang begitu indah. Suasana hutan tropis dan udara sejuk akan membuat nyaman wisatawan saat berada di sana.

Riam Madi

Selanjutnya, 10 Tempat Wisata Alam di Kalimantan Barat adalah Riam Madi. Tempat ini merupakan sungai yang berlokasi di Kabupaten Bengkayang. Para wisatawan menjuluki tempat ini adalah sumber mata air yang sangat penting untuk masyarakat. Untuk harga masuk pun cukup murah dan tidak memakan biaya.

Lemukutan Bengkayang

Pulau Lemukutan Bengkayang menjadi salah satu tempat terindah dari 10 Tempat Wisata Alam Kalimantan Barat. Pulau ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar Kalimantan. Pulau ini tidak jauh dari Kota Singkawang yakni sekitar 1 sampai 2 jam jarak yang harus ditempuh melalui perahu motor.

Temajuk Sambas

Selanjutnya ada pantai Temajuk Sambas yang masuk ke dalam 10 Tempat Wisata Alam di Kalimantan Barat. Nama Temajuk mungkin masih sangat asing bagi traveler di Indonesia. Desa kecil yang terletak persis di ekor pulau Kalimantan ini mempunyai destinasi wisata kelas dunia. Bagi masyarakat di sana, nama Temajuk seolah-olah menjadi magnet wisata. Primadona andalan Kabupaten Sambas ini, bahkan tidak pernah putus kunjungan wisatawan baik lokal maupun negara tetangga Malaysia.

Danau Sentarum Kapuas Hulu

Taman Nasional Danau sentarung di Kabupaten Kapuas Hulu ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Danau ini memiliki luas sekitar 132.000 hektare. Danau ini juga dapat menampung aliran banjir di seluruh Kalimantan Barat.